Burung JALAK KEBO yang Ajaib



Kisah Burung Jalak Kebo istimewa

Semoga kisah berikut ini dapat menggugah Hati Nurani para pecinta Hewan dan tentunya Para Kicau Mania khususnya.Marilah kita simak kisah Nyata Tentang seekor Burung Jalak Kebo dan saya kira hanya sedikit saja orang-orang yang mengalami seperti cerita berikut.

Ma'af,tidak bermaksud melencong dari apapun namun Hanya pengen berbagi cerita tentang perasaan seekor Burung.yang memang harus kita hormati juga rawat degan baik,dan bukan pada awalnya saja bagus,tetapi setelah mulai muncul rasa kebosanan maka kita merawat semaunya saja.(habis manis seppah di buang) terlebih berbuat kasar padanya dan menyakitinya... sesungguhnya apapun itu dia adalah makhluk ciptaan tuhan yg berhak untuk hidup.

Suatu ketika q mau beli burung murai batu 2 ekor,nah kebtulan yang punya rumah juga punya burung jalak kebo yang di taruh di sangkar kecil dan kotor (byk tainya) bhkan air minum pun sudah Habis dan Hanya dikasih makan voer ayam.mulai kita bincang2 soal murainya.
Robin: murainya saya beli sekalian 2 ya pak..
Penjual:iya tidak apa2 mas 
Robin: itu jalaknya kok kotor banget kandangnya pak
Penjual: tidak apa2 mas wong burung grangsang aja ko'(rakus)
Robin:lho air minumnya kok gak ada pak...tidak kasian ta? 
Penjual: tidak apa mas bgtu aja hdup ko'
Robin:pak aku tahu burung ini bukan burung mahal tetapi ketika anda memsukkan ke dalam sangkar berarti anda mempunyai kewajiban untuk merawatnya sebagaimana mestinya...jangan lantas karena murai lebih mahal lalu anda menelantarkannya..kalo memang cara merawat anda seperti ini lebih baik anda lepaskan di hutan aja pak.

Lalu kuambilkan air minum,aku bersihkan kandangnya dan aku kasih jangkrik dan voer-nya aku ganti top song karena kebetulan pakan brung bapak si penjual top song.Lalu aku meneruskan bincang2 lagi sama bapak yang punya murai.Hingga kusadari burung itu seolah2 mau keluar dan ikut aku... pada mulanya aku biasa saja tetapi setelah aku mau pulang,burung ini seolah menangis minta untuk diajak,lalu aku kembali dan aku bilang secara terang2 an... pada bapak penjual murai.
Robin: jalaknya aku beli pak,boleh atau tidak boleh tetap aku beli.berapa pak?
Penjual: sampean bawa pulang saja kayaknya ini burung suka dengan anda dan lagian saya tidak rugi karena sudah dapat untung lebih dari murai.burung ini (jalak Kebo) cuma bunyi cuat cuit saja mas
Robin: begini saja pak,saya beli burung ini 250 ribu
Penjual : terserah sampean saja Mas

Nah,setelah kubawa.jalak ini tiba2 dia berkicau istimewa dan yang punya langsung bengong seolah menyesal.bahkan di bus jalak ini tidak diam dan berkicau sangat indah dan merdu.ke esokan harinya temanku datang lalu bilang burung ini bisa di ajari bicara.. tetapi tidak langsung bisa namun butuh proses dan tanpa pikir panjang aku bilang padanya  robin.robin.robin....masya Allah dia langsung menirukan... sama persis seperti yang saya ucapkan. teman ku pun heran bukan main... apa bilang nya coba "tidak mungkin ini baru dataang ? pasti kamu sudah lama merawatnya "aku hanya senyum dan bilang (ada kemungkinan diatas ketidak mungkinan) 2minggu stelah itu,jalak itu kulepaskan.. hebatnya lagi kemanapun aku pergi burung ini mengikutiku ,sangat jinak bahkan main petak umpet dengnku dan putriku.

Sebulan kemudian aku ajak kelapangan sepak bola banyak teman. saudara,cewe'2 anak2 bahkan ibu2 menonton smua terheran heran akan kejinakannya padaku... seolah tidak percaya bahwa itu baru 1 bln di rawat,dia seolah ingin membuktikan pada manusia yang lainnya bahwa dia adalah makhluk ciptaan tuhan yang istimewa lebih istimewa dari namanya bahkan harganya dan benar2 mampu menghibur manusia.

Suatu ketika,lagi ada teman datang dari jauh baru beberapa hari yang lalu karena dia tidak tahu dia mnhinaku bgini (canda) buat apa pelihara jalak ginian,murah dan rakus hahahaha..... seketika itu kulepaskan jalak... langsung dia heran akan kicaunya dan melotot matanya... mungkin karena jalak ini mendengar akan ucpannya tadi,jalak langsung menghampiri mukanya dan di cakar habis2_an sampai keluar darah yang sangat deras spontan aku marah dan benar2 memarahi jalak ini habis2 an,lalu temanku pulang dan aku masih tetap memarahinya.. tanpa pikir panjang lagi KUPOTONG SEMUA KUKUNYA... ya Allah aku benar2 menyesalinya karena ternyata smua kukunya keluar darah yang begitu banyak... spertinya dia ksakitan.

Esok hari nya,aku lepaskan burung ini dan al-hasil burung ini seolah marah padaku dan tidak mau pulang setiap kali aku menjemputnya di sawah dia selalu brkicau moh. moh. moh...dan itu berlanjut hingga 3hari.. jujur saja bro2 sekalian aku sangat sedih karena semua itu... lebih sedih lagi karena jalak itu harus terbang kesana kemari karena di kejar2 orang bahkan di lempari batu,dipulut dll... karena aku merasa sangat sedih pagi tadi aku putuskan untuk minta maaf padanya dan aku janji tidak akan menykitinya lg.... syukur alhamdulillah aku temukan dia di sawahan kudekati dia lalu dia terbang seolah tak mau dengar penjelasanq...kmudian kuhampiri dia lagi dan bilang.aku mohon jangan pergi dulu tolong dengarkan pnjelasanku... aku benar2 minta maaf karena semua kesalahanku yang kubuat padamu... aku tidak ingin kamu menykiti orang lain,akuq hany ingin membuktikan pada mereka semua,bahwasannya meskipun kamu murah ataupun nama kamu jelek tetapi kamu bisa lebih mahal dari murai atau yg lainnya dan aku tidak bermaksud menyakitimu... dunia luar lebih berbahaya,banyak kejahatn yang akan terjadi padmu jika kamu tidak kembali.. ku mohon sekali lagi,aku berjanji,aku tidak akan menykitimu lagi... apapun yang terjadi aku akan menjga kamu sebaik mungkin... dan kamu adalah makhluk yang kucintai setelah Tuhanku,ibuku,istriku anak2ku teman dan keluargaku... aku menangis setelah bicara seperti itu,aku bahkan tak perduli sebanyak apapun orang melihat,masya Allah tiba2 burung ini kembli berkicau gembira dan sangat ngggguaaaaacorr... lalu terbang kepundakku dan ikut pulang smpai dirumah dismbut meriah oleh kluargku,lalu aku taruh di bak mandi....dan mandi kegirangan...teman2 dan mas bro2 sekalian.ini adalah kisah nyataku dan jalak keboq....kutulis hari ini dan baru terjadi beberapa hari yang lalu hingga sekarang.. dan tadi pagi ibuku bilang padanya robin tdk akn myikitimu lg kalo dia lkukan itu mk dia brurusan denganku..lalu dia manggut2 dan brkicau,kalo tlisannya susah untuk di baca,Ku minta maaf....salam kicau mania 

Para pembaca yang budiman,semoga kita dapat mengambil Hikmah dari cerita di atas,kisah nyata ini di alami oleh saudara Robin Suhul dari Kota Lamongan (https://www.facebook.com/photo.php?fbid=151428735015070&set=o.227122847314137&type=1&theater
) Baca juga Cerita-cerita menarik di sini





 NB;Untuk menghormati saudara Robin Suhul,kami "tidak Menambah ataupun Mengurangi dari Teks Cerita aslinya,hanya saja memperjelas beberapa Kata yang kami rasa perlu"









 

Ditulis Oleh : moch anwar // 12.30
Kategori:

3 komentar:

  1. Wah ceritanya bikin tersentuh
    kebetulan saya baru membeli burung jalak warna hitam pekat trus ada jambul nya. Membedakan antara jantan dan betina bagaimana mas? karena ada 2 warna jalak kebo sepeti gambar diatas 1 hitam pekat 1 agak abu2.
    Trus untuk makanan biasanya apa cz saya hanya kasih makan voer?

    BalasHapus
  2. Subehannalloh amzing..mas ak juga punya jalak kebo 2 ekor ak sangt syang padanya alhamdullilah kicaunya sdah membuat hatiku girang..setiap kuu mau berangkat dan pulang kerja pasti burung jalak ku mengangguk2 kepalanya sambil bunyi kruk kruk...ak sering ngucap salam di depan burung saya dia pun menggangguk ak sangt sayang padanya walau ak sibuk bekerja tp ak selalu ingat padanya...makasih mas atas share tetang burung jalak kebo setelah ak membaca cerit ini ak janji akan lebih sayang padangya...

    BalasHapus
  3. trimaksih sudah di upload.....sayamg burungnya hilang..di curi orang stelah byk yg dengar di tawar 30 juta...

    BalasHapus