Cara mengawetkan Makanan Burung


CARA MENGAWETKAN ULAT HONGKONG,ULAT KANDANG

Makanan/Pakan burung kicauan maupun ternak (Breeding)semakin hari harganya kian melambung termasuk juga Ulat hongkong,Ulat kandang.Karena bagi para kicau mania,ulat hongkong dan ulat kandang adalah suatu kebutuhan untuk menjaga atau meningkatkan performa burung momongannya,terlebih lagi untuk merawat burung dalam kondisi mabung. dalam hal ini saya mencoba memberikan beberapa tips untuk membuat makanan burung agar lebih tahan lama atau tidak mudah Rusak/basi.

CARA MENGAWETKAN ULAT HONGKONG : Untuk menjaga Ulat Hongkong agar lebih lama bertahan hidup berikut tips dan cara yang bisa anda lakukan.
  • Belilah Ulat yang masih sehat dan usahakan yang besar
  • Tempatkan dalam wadah yang aman serta jauh kan dari jangkauan anak kecil
  • Usahakan taruh di tempat yang tidak lembab dan jangan terlalu panas serta mempunyai sirkulasi udara yang baik.
  • Tutup dengan rapat dan di lubangi kecil-kecil agak banyak,tujuannya agar aman dari predator (cicak.dll)
  • Jangan berikan makanan Basah seperti,kulit pisang,buah-buahan sisa makanan burung dll.karena akan menngakibatkan kotoran ulat hongkong menjadi lembab dan menjadi penyebab pembusukan.
  • Berikanlah makanan yang kering,dalam hal ini.pada biasanya saya memberikan Vour untuk ayam.bisa juga anda berikan sisa vour makanan burung momongan anda ketika sudah terlihat layak untuk di ganti.
  • Dalam 3 atau 4 hari sekali buanglah kotoran Ulat hongkong,seperti kulit cangkang yang telah mengelupas/ulat yang telah Mati/membusuk.jika ulat hongkong terlalu lama tidak di bersihkan maka kotorannya akan menumpuk dan ulat sulit untuk bergerak.juga menjadi penyebab sirkulasi udara tersumabat karena kebiasaan ulat yang gemar sembunyi di dalam kotoran yang berupa pasir.ada 3 cara untuk membersihkannya.
  1. Membersihkan ulat hongkong dengan cara di Ayak atau bisa juga menggunakan saringan yang biasanya di gunakan untuk memeras santan kelapa.
  2. Membersihkan ulat hongkong dengan menggunakkan Jaring rajut,yang lobangnya seukuran ulat hongkong.Caranya:jaring rajut tersebut di beber di atas wadah atau nampan,lalu ulat hongkong yang kotor tersebut di tuangkan ke atasnya dan dengan sendirinya ulat tersebut akan berjalan melalui celah-celah lobang rajutan.dengan cara tersebut maka kotoran ulat akan tetap di atas rajutan (terpisah antara ulat dan kotorannya) cara ini cukup efektif dan banyak di gunakan oleh pedagang pakan burung.
  3. Yang terakhir,membersihkan Ulat Hongkong dengan cara di Tampih(Lihat gambar no 1),tujuannya supaya kotoran yang berupa pasir serta Kulit cangkang ulat yang sudah mengering terpisah (lihat gambar No 2).setelah itu,pilih kotoran dan ulat yang telah membusuk (Lihat gambar no 3).Gambar no 4 yang anda lihat adalah Ulat hongkong dengan kualitas Baik Untuk Momongan Burung Pleci.
Ulat Hongkong masih Kotor
Ulat Hongkong Kotor kondisi Kulit cangkang nya terbuang
Memisahkan kotoran Ulat Hongkong
Ulat Hongkong Kualitas Bagus

CARA MENGAWETKAN ULAT KANDANG :Sebenarnya cara merawat Ulat kandang agar dapat bertahan hidup lebih lama itu mudah,dan cara ini tidak jauh beda dengan cara di atas.
  • Beli Ulat kandang yang sehat serta usahakan  postur tubuhnya kelihatan besar-besar dan warna agak kehitaman/coklat tua.
  • Tempatkan dalam wadah yang aman serta jauh kan dari jangkauan anak kecil
  • Usahakan taruh di tempat yang tidak lembab dan jangan terlalu panas serta mempunyai sirkulasi udara yang baik.
  • Tutup dengan rapat dan di lubangi kecil-kecil agak banyak,tujuannya agar aman dari predator (cicak.dll)
  • Berikan makanan yang bagus,Vour yang di beri air seidikit (lembab),buah sisa makanan burung.
  • Dalam 2 atau 3 hari bersihkan selalu kotorannya.caranya,bisa sama seperti membersihkan Ulat Hongkong.
Para pembaca yang budiman,itulah beberapa tips dan cara untuk menjaga makanan burung kita agar supaya tidak lekas rusak/busuk.kurang lebihnya Mohon ma'af.

Ditulis Oleh : STMJ Tempo Doeloe // 03.45
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar