Merawat Burung Pleci Mabung

merawat burung pleci mabung | lintas indonesia

Mabung atau Moulting adalah Hal yang biasa terjadi Dalam dunia burung,dalam merawat burung pleci mabung kita harus lebih spesifik dalam penangananya.mulai dari tempat,makan dan minum serta kondisi burung Pleci itu sendiri.

Istilah mabung adalah ketika bulu-bulu mulai tumbuh tetapi belum lengkap (masih terbungkus) seperti anak bambu yang mau tumbuh (rebung).jadi kata "mabung" berasal dari kata "menyerupai rebung".

Moulting (bhs.inggris) yang artinya Ganti Kulit,kalau di pake kedalam istilah burung adalah Ganti Bulu.agar burung Pleci anda Mabung secara sempurna harus melalui beberapa tahapan yang Pertama NGURAK kedua AMBROL trus tahapan yng terakhir MABUNG.pada biasax tanda-tanda burung pleci yang mabung dengan sempurna,di mulai dengan Rontoknya bulu pada kepala/dahi burung,terus merambat ke bawah dan burung pleci yang mabung dengan sempurna dia tidak akan mau berbunyi sama sekali.dan itu pun jarang saya jumpai pada beberapa burung pleci momongan saya.kebanyakan mabungnya secara Nyulam = (Tumbuh bulu baru menggantikan bulu yang rontok tetapi secara keseluruhan bulu dalam kondisi bagus).

Jika momongan anda mulai Ngurak = mulai berjatuhan bulu kecil-kecil,dan kondisi ini tidak berlaku bagi burung yang kurang jemuran matahari atau kondisi burung yang OB (over birahi) saya harap anda lebih teliti dalam membedakannya dalam hal ini.berikut bebrapa langkah dalam penanganan burung yang memasuki masa mabung.
  • Full kerodong; dikerodong terus kecuali sedang diberi makan/minum.
  • Full gizi, Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk dapat mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur.
  • Boleh diberikan EF hewani agak banyak, agar di dapat panas yg bisa mempercepat mabung, ataupun makanan lain yg bisa membuat bulu jatuh, ada pleci saya yg saya kasih madu jadi brodol bulu nya. Ada yg mengganti voer nya dengan voer ayam yg bisa mempercepat bulu yg jatuh.
  • Tidak dimandikan, tidak dijemur.
  • Tidak perlu dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.Udara hangat tetapi lembab sangat diperlukan untuk proses moulting. Bulu tua akan cepat rontok karena lapisan kulit luar yang menjepitnya membuka. Bulu muda akan sempurna tumbuhnya karena ujung bulu baru terbantu dalam memecah lapisan tanduk yang membungkusnya.
Selama kurang lebih 6-7 minggu burung mengalimi proses mabung,maka di perlukan asupan gizi yang lebih banyak,kroto.ulat hongkong perlu anda persiapkan jangan sampai kehabisan hehe.. dalam penanganan burung yang kondisi sedang mabung ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan karena dapat mengganggu proses nya
  1.  Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.
  2.  Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa
  3.  Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung
  4.  Penyakit - Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.
Tips,saya juga pernah mencoba menjemur burung pleci yang kondisi mabung tapi dengan catatan dalam menjemur kondisi di krodong full dan di semprot sampai basah daerah luar krodong nya,dan hasilnya lumayan burung pleci ku bisa ambrol.cara tersebut jangan anda terapkan jika burung momongan anda Belum jinak,maka ada baiknya anda lihat di sini cara-cara untuk menjinakkan burung Pleci. Salam PLECI MANIA.
 



Ditulis Oleh : STMJ Tempo Doeloe // 09.17
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar