Menjinakkan Burung Pleci dengan cara Ekstrim




Sebenarnya banyak cara untuk menjadikan seekor burung agar bisa jinak,kali ini saya mencoba memberikan salah satu tips untuk menjinakkan burung pleci dengan cara ekstrim,cara berikut memang lanjutan dari pembahasan postingan saya terdahulu "menjinakkan Burung Pleci".


Cara Berikut biasanya saya terapkan untuk Burung bakalan hasil tangkapan Hutan,dan hasilnya lumayan manjur.untuk menerapkan tips berikut, anda harus melihat kondisi fisik dan mental dari burung momongan anda dahulu.


Pleci Kluncum
Dua minggu yang lalu,ketika saya berjalan-jalan di pasar burung,saya membeli seekor burung Pleci bakalan hasil tangkapan hutan dari seorang pedagang ombyokan burung.dan waktu itu saya ketemu salah seeorang temen yang juga sesama penghobi burung pleci,dia mengolok-ngolok "oeyy.. masih suka ngombyok yaa.." dan akupun tersenyum simpul mendengar omongan temenku barusan.Malu juga sih kalau ada temen yang bilang begitu,karena temen-temen ku mayoritas burung plecinya sudah tahap Tengahan atau minimal sudah ngriwik-ngriwik kasar.namun saya tidak Merasa kecil Hati.justru omongan temenku,saya jadikan sebagai cambuk untuk mendongkrak semangatku dalam memelihara momongan baruku.setelah sampai rumah,burung momonganku yang baru langsung saya jejerkan dengan burung pleciku yang lain.wuaahhh.. ternyata langsung bunyi/ngecer-ngecer (jawa) memanggil pleci lain.Tambah semangat hati ini untuk memeliharanya.tiap pagi hari saya embunkan samapai sinar matahari mulai terlihat lalu saya mandikan dengan cara langsung saya pegang tangan,saya semprot pelan-pelan dengan spayer yang di setting sangat halus lantas saya jemur lagi samppai jam 9 lalu saya jejerkan lagi dengan burung pleci yang lain yang di gantang depan teras rumah.jam 11 saya masukkan ke dalam rumah semua burung saya karena saya harus kerja buat keluarga kecil ku.jam 2 sore hari  saya keluarkan lagi semua burung momongan ku.khusus burung bakalan yang baru tersebut cara memandikannya tetap dengan cara memegangnya lalu di semprot pelan-pelan sampai basah kuyup.Alhamdullah,ternyata setelah 2 minggu burung pleci bakalanku sudah mulai berani bunyi meski terdengar lirih.

Nb:sebenarnya tips memandikaan dengan cara memegang langsung terhadap momongan kita sangatlah tidak di anjurkan,kecuali terhadap burung yang memang kebiasaan mandi nya di pegang tangan langsung,biasanya burung tersebut memang rawatan dari sejak masih lolohan dan tidak mau mandi kalau tidak pegang oleh tangan.cara tersebut sangat menyita waktu dan tenaga juga tidak efesien.
  Sobat Pembaca yang budiman,semoga Informasi dan Ceritaku barusan Bermanfaat Bagi anda dalam memelihara Burung Pleci momongan anda,Selamat Mencoba.Salam Pleci mania.







Ditulis Oleh : STMJ Tempo Doeloe // 15.04
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar