Pleci Ngerol





Siapa sieh yang gak kepengen burung Pleci-nya Ngerol ? hehehe... pasti semua kawan-kawan penghobi pleci men_dambakannya,berikut akan saya ulas tahap demi tahap.mulai dari burung diem (mingkem-jawa) sampai ngalas,ngeplong,dan ngerol.dan saya harap para pembaca yang budiman harus teliti dalam membedakannya karena ulasan saya hanya sekedar teori.

  1. Diam- tanpa sura,tidak berbunyi sama sekali (saya rasa gak usah di perjelas lagi hehehe..) 
  2. Nada panggil (call)-kriteria ini terdapat pada semua burung pleci cew maupun cow karena pada tahapan ini karena bertujuan untuk memanggil koloni ataw pasangan nya,terdengar seperti Ciew...Ciew.. atau Cuit..Cuit.. dan laennya sesuai jenis endemik burung tersebut.yang di lantunkan dengan paruh terbuka lebar.
  3. Ngriwik- dalam tahapan ini,burung pleci mulai berani menyanyi (me-replay) lagu-lagu dan isian dengan volume suara pelan.paruh cunderung tertutup.suara masih tertahan di tenggorokan,sesekali terlihat paruh sedikit terbuka.dan lagu yang di nyanyikan burung (replay) pada umum nya berasal pemasteran alami/buatan yang terekam di auditory memory (otak) burung tersebut,dalam tahapan ini masih belum jelas jenis burung/suara apa yang di nyanyikan.umumnya pada fase ngriwik ini gaya pada burung pleci terlihat meng-geleng2kan kpala,biasa nya di sebut teler.sedangkan persepsi gaya teler pada burung pleci TIDAK SAMA pada gaya teler anis merah/Boto
  4. Ngriwik kasar- merupakan tahapan berikutnya,dimana burung pleci mulai me Replay lagu dan isian dengan volume suara lagu yang lebih jelas dengan paruh mulai membuka,artinya.pleci tidak lagi menahan di tenggorokannya melainkan sudah di keluarkan dengan posisi paruh sering buka-tutup.tak jarang burung pleci mengeluarkan riwikannya sambil menggeleng kepala kiri-kanan mirip seperti burung anis merah/boto.pleci yang mulai mapan dan birahi biasanya menjadi berani mengeluarkan riwikan kasarnya bila di dekatkan pleci laen.dalam tahap ini,isian sudah terdengar cukup jelas seperti misalnya sauara burung ciblek,prenjak,kenari,glatik wingko,colibri,kutilang,dll.suara yang di keluarkan masih dapat terdengar dari jarak 5-10 meter.umumnya pada fase ngriwik ini,gaya burung pleci terlihat geleng-gelengkan kepala yang oleh sebagian besar orang di sebut Teler.sedangkan persepsi pada burung pleci TIDAK SAMAN pada gaya teler Anis merah/boto
  5. Ngeplong- pada tahap ini burung pleci berkicau variatif lantang dengan volume suara yang keras (loud).pada burung pleci ,fase ini dapat juga di sebut BUKA PARUH.banyak kategori dalam hal Ngeplong (buka paruh).yang peertama Ngalas yang artinya melagukan suara kicauan asli burung pleci seperti di habitatnya (alas-hutan).yang kedua adalah burung pleci yang ngeplong dengan berbagai isianyang bukan suara asli burung pleci.Pada saat ngeplong ini suara kicauan burung pleci tersebut dapat terdengar dari jarak puluhan meter. 
  6. Ngerol- meerupakan tahap berkicau pada burung pleci yang tinggi.suara ngeplong (baik standar suara Pleci,semi isian ataw Full isian) di bawakan sambung menyambung secara variatif,di ulang ulang kadang di barengi dengan berbagai suara isian dengan volume suara naik-turun yang lantang dengan paruh terbuka lebar (buka Paruh).suara yang di keluarkan daapat terdengar daari jarak puluhan meter. 
 Ngerol adalah asal kata ROLL artinya adalah suara/ kicau_an yang menggulung panjang atau sambung-menyambung menjadi rangkaian yang harmonis yang lebih panjang.
  • Ngriwik ngeroll - Ngriwik yang panjang,nyambung menyambung
  • Ngeplong Ngeroll - kicauan Lantang yg sambung menyambung variatif hingga terdengar lagu yg sangat panjang
  • Ngalas - berasal dr kata baku Alas,merupakan istilah tidak baku pada Dunia burung berkicau


Demikian ulasan Tahapan burung pleci berkicau,semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman dan bagi para penghobi burung pleci khusus nya.semoga menjadi bahan acuan jika anda mau membeli burung pleci dan juga tentunya sangat membantu dalam memelihara momongan anda agar selalu konsisten dan semangat selalu. harapan saya agar selalu menjaga kondisi fisik dan mental burung pleci kacamata anda karena itu kunci sukses untuk menjadikan momongan anda The Numero uno,hehehe... buat rekan-rekan senior PCMI kami haturkan Matur sembah nuwun,Salam.. PLE-MAN (Pleci Mania)

Ditulis Oleh : STMJ Tempo Doeloe // 14.21
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar