Merawat Burung Pleci di Musim Hujan



      Dalam menghadapi Musim Hujan kudu tanggap terhadap Momongan Pleci kita,sebagaimana kita ketahui bersama bahwa burung pleci sangat rentan terhadap perubahan Cuaca,bisa anda bayangkan bagaimana akibat nya sebuah Gelas yang habis di pakai berisikan cairan panas namun setelah itu segera anda celupkan ke dalam caiaran yang dingin,abrakadabraa.. hasilnya anda tahu sendiri kan.memang benar burung pleci bukanlah sebuah gelas tapi efek perubahan dari suhu panas ke suhu dingin yang spontan maka akan mengakibatkan seluruh organ dalam tubuh burung pleci bekerja semaksimal mungkin untuk menormalkannya,dan tidak sedikit yang terkena serangan jantung alias Mati mendadak,berikut inisiatif yang harus anda lakukan dalam merawat burung pleci di musim hujan  semoga bermanfaat.

  • Dalam menjemur usahakan jangan terlalu lama,Cukup samapai jam 9 pagi di mulai dari Matahari terbit,itu adalah waktu terbaek.   

  • Jangan Lupa selalu tempatkan momongan anda pada tempat yang teduh dan angin-anginkan dulu sebelum di kerodong yang berfungsi supaya momongan anda dapat beristirahat dengan tenang 

  • Selalu Kontrol makanan dan minuman usahakan untuk air minum agar supaya selalu segar dan bersih 

  • Selalu kontrol kebersihan sangkar,usahakan dalam tiap hari  di lakukan agar burung tidak terinfeksi kuman yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.maksimal dalam seminggu sekali semprot dengan pembunuh kuman.sekalian juga cuci kerodong sangka.

  • Khusus untuk burung yang sedang Mabung,pemberian Ekstra fooding agar di tambah porsinya dan jangan lupa sesekali berikan tambahan Vitamin yang banyak terdapat di kios-kios penjual pakan burung. 

Satu hal yang paling penting,Lakukan Pemantuan dalam tiap waktu senggang anda sambail membaca Informasi menarik.Jika burung anda Mabung ini adalah Fase ter-Urgent dalam perawatannya dan dapat anda baca di sini. Salam Sejahtera selalu

Ditulis Oleh : STMJ Tempo Doeloe // 14.13
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar