PLECI SALTO



   MENGATASI BURUNG PLECI SUKA SALTO/LONCAT


  Dalam Keseharian kita memelihara burung Pleci.Momongan kita sering terlihat Salto dan terkadang Loncat-loncat,jika momongan kita sudah bertingkah begitu tentunya kinerjanya untuk berkicau akan berkurang.dan jangan Harap bisa Koncer di lapangan.

  Burung Pleci yang terlihat gelisah,Salto dan loncat-loncat jika kita dekati,itu menandakan mental pleci tersebut belum siap untuk di Gantangkan/di trek dengan burung pleci lain.Biasanya karakter tersebut pada burung Bakalan Liar Hutan,dan saya rasa bukan termasuk dalam kategori pembahasan kita kali ini,karena untuk burung pleci bakalan Liar Hutan sudah saya bahas pada postingan terdahulu.Namun kali ini saya mencoba memberikan beberapa saran dan tips untuk burung pleci yang Pernah di Gantang/Trek namun Belum Nagen atau Nancep di atas tangkringannya sambil membawakan Lagu.

  • Jika Burung waktu di Gantang/Trek terlihat seperti mencari makanan,itu menandakan burung masih Lapar.untuk menyiasatinya sebelum di gantang/trek burung harus di beri makanan kegemarannya (ekstra Fooding).Usahakan dalam memberikannya 1 atau 1/2 jam sebelum burung di trek/gantang.dan untuk waktu yang tepat dalam memberikan makanannya dapat anda amati dalam kesehariannya,dan anda harus faham saat-saat yang tepat,kapan momongan anda mau membuka mulut untuk menyanyi.dan jangan lupa setelah di beri makan usahakan sebisa mungkin burung di jemur tepat di terik matahari lantas di Ces (di kumpulkan) dengan Pleci lain.
  • Jika Burung ketika di Gantang/Trek terlihat Salto atau loncat-loncat.pada bisanya burung OB (Over Birahi) dan bisa juga karena Faktor Sangkar atau Tangkringan yang kurang Nyaman.untuk mengatasinya berikut Tips dari saya.
  1. Burung yang OB (Over Birahi) ketika di Trek/Gantang : Berikan Buah Pepaya sehari sebelum Burung Di Trek/Gantang atau Bisa Juga anda Ganti pakan Voer Hariannya dengan Voer yang Banyak Mengandung Rumput Laut.Dan satu Hal yang terpenting,2 hari sebelum di gantang Burung jangan di Ombyok (kumpulkan dalam satu sangkar) 
  2. Burung Yang terlihat Gelisah,salto atau loncat-loncat bisa karena Faktor Sangkar yang Kurang nyaman.Sebelum di Gantang/Trek,Sangkar Harus Bersih dari apapun,Ambil semua tempat Minum dan pakan.Papan bawah harus bener-benar Bersih jangan sampai ada se cuil makanan yang tertinggal dan Jeruji sangkar jangan sampai ada Benang,Tali,karet atau Benda apapun yang tertinggal.karena bisa menjadi penyebab Tidak Nyaman.
  3. Burung Ketika di gantang/Trek Terlihat Salto bisa juga Karena ukuran Sangkar  yang terlalu Besar sehingga burung suka Loncat atau Salto.untuk Solusinya ialah,Buatlah Tangkringan sedekat mungkin dengan Atap sangkar (tangkringan yang paling atas di Tinggikan).Untuk Tips ini Anda jangan sekali-kali dalam menaikkan tangkringan dengan Tali atau Karet gelang sebagai pengikatnya karena pernah ketika burung saya di Trek,Mulai dari awal di gantang sampai selesai Lomba burung saya tidak mau kerja karena mematuk karet (pengikat tangkringan).
  Para pembaca yang Budiman itulah beberapa Tips dan saran untuk mengatasi Burung pleci yang suka Salto atau Loncat-loncat ketika di Trek/gantang.semoga secuil saran dan pengalaman dari saya dapat bermanfaat dan membantu bagi Para PLECI MANIA agar selalu KONCER

   
  
  






Ditulis Oleh : STMJ Tempo Doeloe // 13.13
Kategori:

1 komentar:

  1. Untuk yang pas setelan harian....masih bingung....kadang mau kadang tidak untuk ngeplongnya....thx infonya bro....

    BalasHapus