Pakan Burung Pleci yang di Haram kan

Beberapa macam Jenis Makanan Burung Pleci yang harus di hindari

Meskipun terlihat Kecil,tetapi aktivitas Makan burung Pleci jangan di ragukan lagi.dalam sehari dia mampu menghabiskan sepertiga buah pisang ukuran normal sedangkan burung cucak ijo rata-rata cuma mampu separuh dari pisang ukuran normal,padahal ukuran badan burung cucak ijo kira-kira 4-5 kali ukuran badan burung Pleci.

Burung Pleci memang sangat Rakus dia Gemar makan berbagai macam buah-buahan yang lunak serta serangga.Namun dalam memberikan pakan terhadap burung pleci kesangan anda di sini saya akan memberikan beberapa saran,pakan apa saja yang haram untuk anda berikan pada burung pleci.

COKELAT
sangat baik untuk dikonsumsi manusia, tetapi berbahaya atau fatal jika diberikan kepada burung peliharaan Anda. Cokelat yang beracun (bagi burung) akan lebih dahulu merusak sistem pencernaan burung, yang menyebabkan muntah dan diare. Pada kondisi (keracunan) berikutnya, sistem saraf pusat burung akan rusak, yang menyebabkan kejang dan akhirnya mati.

BIJI APEL 
Percaya atau tidak,apel–dan juga anggota rose family lainnya,termasuk ceri,persik,aprikot,dan pir–mengandung sejumlah Sianida dalam bijinya.Walaupun buah apel baik untuk burung Anda,namun Anda perlu berhati-hati kandungan racun pada biji dan bahan pestisida pada kulit buahnya.Jadi,pastikan untuk benar-benar membersihkan dan membuang bagian selain buah apel yang akan Anda berikan kepada burung momongan Anda guna menghindari toksin (racun) tersebut.


APUKAT (Alpukat/Apokat)
Kulit dan biji dari buah terkenal ini diketahui bisa menyebabkan gangguan jantung dan,akhirnya,gagal jantung pada spesies burung peliharaan.Meskipun ada beberapa perdebatan tentang tingkat toksisitas (racun) pada apukat,namun apa yang umumnya disarankan adalah mengambil sikap "lebih baik aman daripada menyesal kemudian,sehingga sebaiknya jauhkan produk-produk yang mengandung apukat lainnya dari burung peliharaan Anda.

BAWANG 
Karena penggunaan bubuk bawang (merah/bombay) atau bawang putih dalam jumlah terbatas sebagai bumbu perasa umumnya dianggap tidak bermasalah (bagi manusia),namun konsumsi bawang yang berlebihan dapat menyebabkan muntah,diare,dan masalah-masalah pencernaan lainnya (bagi burung). Penggunaan yang terlalu lama (terlalu sering) dapat menyebabkan anemia hemolitik (penurunan sel darah merah),yang diikuti dengan gangguan pernafasan dan,Akhirnya kematian

ALKOHOL
Meskipun pemilik burung yang bertanggung jawab tidak menginginkan hewan peliharaannya diberi minuman beralkohol,namun ada beberapa kasus di mana burung yang dibiarkan lepas dari sangkar/kandangnya mengalami keracunan alkohol ketika meneguk koktail (minuman keras sejenis wiski) yang ditemukannya.Alkohol dapat membuat sistem organ burung tertekan dan dapat berakibat fatal.Jadi,pastikan burung Anda tetap aman dengan meletakkannya di kandang/sangkarnya ketika ada minuman beralkohol di rumah Anda. 

JAMUR
Jamur dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada burung.Pucuk jamur (berbentuk topi/payung) dan tangkai dari beberapa varietas jamur dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

DAUN TOMAT
Tomat,dan juga kentang,adalah buah lezat yang baik jika digunakan sebagai pakan burung Anda.Namun tangkai,akar, dan daunnya sangat beracun untuk hewan peliharaan (burung) Anda.Jadi,bersihkan dan iris/potong buah tomat yang akan Anda berikan sebagai makanan kepada burung Anda dan jangan lupa untuk membuang bagian-bagian yang berwarna hijau (tangkai dan daun) agar burung-burung Anda terhindar dari jenis racun apapun.

GARAM
Semua makhluk hidup membutuhkan sodium (natrium) dengan jumlah tertentu dalam sistem mereka.Namun,jika dikonsumsi secara berlebihan oleh burung,garam dapat mengganggu kesehatannya,di antaranya rasa haus yang berlebihan,dehidrasi,disfungsi ginjal,dan kematian.Jadi,pastikan untuk tetap mengawasi jumlah makanan yang mengandung garam untuk dikonsumsi burung Anda.

KAFEIN
Minuman ber-kafein seperti soda,kopi,dan teh adalah sangat populer untuk konsumsi manusia–tetapi minuman berkafein tersebut sangat berbahaya bagi burung Anda. Kafein dapat menyebabkan kerusakan jantung pada burung,dan mengakibatkan naiknya detak jantung,aritmia (gangguan denyut/irama jantung yang ditandai dengan detak jantung yang terlalu cepat,terlalu lambat atau dengan pola tidak teratur),hiperaktif,dan serangan jantung.Berikan minuman yang sehat dari buah-buahan segar(murni) atau jus sayuran untuk burung kesayangan Anda–ini akan memuaskan indera perasa (lidah) burung Anda dan memenuhi kebutuhan gizinya

KACANG-KACANGAN  (buncis,kacang panjang dan lain-lain)
Kacang-kacangan yang matang(dimasak) adalah makanan favorit bagi banyak burung,tapi kacang-kacangan kering yang mentah adalah sangat berbahaya bagi burung momongan Anda.Kacang-kacangan yang mentah(tidak dimasak) mengandung racun yang disebut hemaglutin yang sangat beracun bagi burung.Untuk menghindari racun tersebut,pastikan untuk benar-benar memasak jenis kacang-kacangan apapun yang Anda pilih untuk diberikan ke burung momongan Anda.

Semoga Informasi mengenai beberapa macam Pakan yang sangat tidak di anjurkan untuk burung Pleci tersebut dapat bermanfaat dalam memelihara Burung Pleci kesayangan anda.dan juga tentu nya tidak etis jika saya tidak menjelaskan pula tentang pakan yang Menjadi Anjuran bagi Pleci momongan anda..red more..








:sumber tulisan-PCMI.Salam Pleci Mania



 


 








Ditulis Oleh : moch anwar // 11.12
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar